Rabu, 07 November 2012


MARKETING PLAN
Spring Garden Café
get your experience




EXECUTIVE SUMMARY
Kawasan jababeka merupakan lingkungan yang sangat potensial untuk mendirikan suatu usaha. Dengan catatan lebih dari 2.000 perusahaan yang berdiri di kawasan jababeka, kawasan ejip dan MM 2100, dan memiliki lebih dari 730.000 karyawan dan termasuk staff office didalamnya. Hal ini yang kami pandang dapat untuk mendirikan sebuah tempat makan dan bersantai untuk menghilangkan sedikit kelelahan setelah bekerja dengan suasana yang sejuk, nyaman dan memuaskan yang kami pandang belum ada di daerah ini.
Maka dari itu kami akan mendirikan sebuah tempat makan dan bersantai yaitu “ SPRING GARDEN CAFÉ “ dengan menampilkan nansa hijau, sejuk, nyaman dan sesuai selera konsumen untuk dapat mengurangi kelelahan setelah bekerja. Kami juga menawarkan menu makanan yang sangat variatif sehingga konsumen tidak akan merasa bosan disaat yang mendukung untuk kepuasan konsumen seperti Live music, Permainan Billiard dan juga layanan layar untuk nonton bareng pertnadingan international dan national.
SPRING GARDEN CAFÉ berkomitmen untuk menjadi perusahaan café yang ternama dan menjadi brand yang sangat terkenal. Dengan jumlah investasi yang kami program sebesar Rp. 506.600.000  dengan target laba bersih setiap bulan Rp. 60.300.000 sehingga akan mencapai BEP ( Brake Event Point ) dalam jangka waktu 8,6 bulan. Maka dari itu investasi yang diberikan akan kembali dengan jangka waktu kurang dari satu tahun. Dengan begitu pesatnya perkembangan usaha ini maka kami dalam jangka panjang akan memperlebar usaha. Untuk pengembangan usaha maka kami akan membuka cabang di kawasan bekasi dan karawang dengan pangsa pasar yang sangat menarik.







BAB 1
KONDISI PASAR
1.      DESKRIPSI PASAR
Cikarang merupakan kawasan industry terbesar di Indonesia, tercatat sampai saat ini kurang lebih dari 2.000 perusahaan telah beroperasi di jababeka  yang berasal dari lebih dari 29 negara yang berbeda pula. Jumlah pekerja mencapai sekitar 730.000 dan penghuni kota jababeka 1.168.000. dari jumlah karyawan / pekerja yang besar kami memberikan fasilitas / layanan jasa untuk memenuhi kebutuhan sehari hari salah satunya dalam bidang makanan.
Kita banyak melihat banyak restoran, café dan tempat makan yang ada disekitar jababeka hanya bergerak di kualitas dari makanan saja, tanpa memikirkan pelayanan yang diberikan dan kepuasan pada pengunjung dan konsumen.
Dari kondisi tersebut kami mencoba untuk bersaing dalam membuat usaha di bidang café  yang berlokasi di ruko “ Movie Land “. Kami menawarkan menu makanan yang berfariatif agar tidak menimbulkan rasa bosan kepada pelanggan, kami juga memilki menu special untuk setiap harinya dan kami memiliki menu favorit di café. Tidak hanya makanan tetapi kami juga menawarkan nuansa yang hijau dengan pemandangan garden atau taman yang sesungguhnya untuk membuat konsumen lebih relax, nyaman dan mendapatkan kepuasan saat duduk dan menyantap makanan di café kami, tidak lepas dari itu kami juga akan mengiri dengan beberapa alunan music seperti classic, jazz dan pop sesuai jadwal yang ditentukan. Untuk lebih memuaskan konsumen kami akan buka café 24 jam pelayanan konsumen.
Nama dari perusahaan café kami adalah “  SPRING GARDEN CAFÉ “yang melambangkan sebuah taman yang akan memberikan nuansa yang sejuk, nyaman dan puas kepada konsumen saat mengunjungi café kami. Dan berlokasi di ruko Movie Land jababeka yang sangat strategis dan didepan jalan utama jababeka.

2.      PRODUK REVIEW
Kami akan mendirikan café yang akan memberikan nuansa yang berbeda dari yang lain yaitu menampilkan nuansa hijau, sejuk, nyaman dan berlebih untuk menampilkan nuansa garden. Produk yang kami tawarkan adalah menu makanan yang menarik, variatif dan sesuai dengan selera konsumen sehingga akan memuaskan dan membuat konsumen nyaman dan tidak bosan. Selain itu kami juga menyediakan tempat untuk suatu acara seperti ulang tahun dan resepsi pernikahan dengan paket yang sangat menarik.

3.      COMPETITIVE REVIEW
Spring Garden café adalah garden café yang pertama di kawasan jababeka, tetpai di cikarang sudah terdapat restoran dan café yang menawarkan kualitas makanan yang terjamin bersih dan fresh. Salah satunya adalah “Saung Air”  yang berlokasi di ruko Movie Land. Mereka mempunyai keunggulan dari segi makanan dengan suasana air yang khas yang kemungkinan dapat menarik pelanggan.
Dari semua hal tersebut kami akan mempelajari untuk bias bersaing dengan merebut pasar “Saung Air”, karena kami yakin Strenght point yang kami miliki mampu merebut perhatian konsumen dengan view garden dan menu snack yang khas dari tempat kami yang membuat kualitas kita lebih bagus.

Review of distribution
Dengan berlokasi di wilayah cikarang baru, khususnya di ruko Movie Land “Spring Garden Café” mempunyai target pasar di industry jababeka 1 dan 11 dan dikawasan ejip, Lippo Cikarang. Kami memberikan pelayanan yang baik dengan senyum dan salam sapa untuk membuat kesan pertama yang baik dan ramah terhadap pelanggan. Untuk lebih membrikan kepuasan konsumen kami juga menyediakan permainan Billiar, menyajikan Live Music dan menyediakan layanan layar untuk Nonton Bareng Event-event international dan nasional.











BAB II
ANALISA SWOT
1.      MARKET ANALYSIS ( ANALISA PASAR )
Analisis SWOT di dasarkan pada asumsi bahwa spring garden café adalah suatu café executive dan nature berikut adalah analisis mengenai kekuatan dan kelemahan serta peluang dan tantangan dari spring garden café ini:
Strength/kekuatan:
·         Design ruangan di buat sedemikian alami layaknya garden yang natural,dan dalam hal ini kita mengatur ruangan seperti go green dan pure sehingga membuat para consumer seperti ada di taman dan dapat membuatnya nyaman.
·         Menu-menu yang di sediakan untuk konsumen sangat banyak dan unik dan mengarah kepada wesern food dan tetp menjaga kualitas yang baik dan  mutu yang bergizi bergizi .
·         Dengan suasana yang menarik karena akan kami sediakan music-musik yang berbeda-beda sesuai dengan jadwal yang di tentukan sehingga tidak membuat jenuh konsumen.
·         mengadakan acara-acara khusus seperti nonton bareng dll sebagai ajang tempat berkumpul dengan teman maupun keluarga dengan kesan yang menarik.
·         Kami akan membuat kostumer merasa comfort dengan pelayanan yang istimewa agar para kosumer mendapakan kepuasan
Weaknesse/kelemahan:
·         Harga yang kami tawarkan cukup mahal,berkisaran 100.000/orang untuk setiap kali kunjungan.
·         Café ini belum memiliki branded yang terkenal mungkin asing untuk di ketahui semua orang.
·         Dan karena kami pemain baru dalam hal ini sehingga masih terlalu minim dalam pengalaman promosi dan membuat usaha ini lebih berkembang.
Opportunity/kesempatan
·         Peluang pasar yang ada di daerah cikarang cukup besar.
·         Tempat yang nyaman dan bernuansa taman akan membuat konsumen tertarik.
·         Dengan menu western yang berkualitas dan bergizi dalam membuat kostumer  berminat bagi yang mengutamakan kesehatan.
·         Menghadirkan tempat untuk ajang berkumpul yang unik di daerah tersebut.
·         Harga setandar untuk kalangan menengah ke atas.
·         Lokasi yang strategi dengan target.
Threat/ancaman:
·         Kemungkinan muncul kompotitor dalam bidang yang sama dengan harga di bawah.
·         Meningkatnya daya saing dari kompetitor yang akan mengikuti usaha yang sama.
·         Tuntutan konsumen semakin tinggi ( keperusahaan dengan menu-menu yang ada ).
       2.  OBJECTIVES AND ISSUES
            Untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan dari perusahaan ini, maka “Spring Garden Café” harus mencapai goal perusahaan . Visi dari perusahaan yang adalah menjadi suatu café yang maju dan berkembang, dapat dikenal oleh semua masyarakat dengan memiliki brand ternama, menjadi yang nomor 1 dan juga memiliki pelayanan yang berkualitas dan terdepan. Dalam mewujudkan visi tersebut kami akan merealisasikannya dengan misi perusahaan yaitu mengutamakan kepuasan konsumen dengan memberikan pelayanan secara professional dan kami akan sangat menerima kritik dan saran dari konsumen sehingga dapat memperbaiki untuk mengedepankan kualitas pelayanan dari “Spring Garden Café”. Tujuan perusahaan kami adalah mencari profit sebesar mungkin tanpa mengesampingkan mutu dan kualitas pelayanan yang diberikan, dan untuk melayani konsumen dengan tingkat pelayanan yang maksimal dalam bidang tempat dengan nuansa yang nyaman, makanan dan jasa.
            Adapaun tujuan dari perusahaan ini akan kami bagi menjadi skala-skala dengan jangka waktu tertentu yang akan dilaksanakan bersamaan dengan promosi produk perusahaan.
a.       Tujuan dalam jangka Waktu Pendek
1.      Satu tahun pertama
Kami memiliki tujuan dari perusahaan yaitu untuk mencapai BEP ( Brake Event Point ) keuntungan perusahaan, dengan menjalankan beberapa strategi promosi yang effective dan efisien kepada konsumen yang dikalangan menengah keatas di kawasan jababeka, seperti kalangan management dalam perusahaan yang berada di kawasan jababeka, ejip dan kawasan industry MM 2100.
2.      Dua tahun pertama
Setelah BEP sudah tercapai, maka kami akan mengokohkan brand yang akan meningkatkan lagi kualitas dan menjadikan “spring Garden Café” no 1 cafe dikawasan jabebaka yang memberikan suasana yang sejuk, nyaman, dan menyenangkan dengan nuansa garden, dengan pelayanan yang memuaskan dan berkualitas internasional.
3.      Tiga tahun pertama
Di tahun yang ketiga ini kami bertujuan untuk membesarkan usaha kami dengan 100% konsumen, hal ini untuk meningkatkan perekonomian, kualitas dan mutu.
b.      Tujuan dalam jangka waktu menengah
Setelah target pasar berhasil dan mendapat konsumen yang tinggi, langkah berikutnya adalah meningkatkan ke daerah lippo dan Taman Sentosa karena terdapat target yang cukup banyak di daerah tersebut. Ini langkah awal untuk meningkatkan Brand kami dan kualitas mutu.
c.       Tujuan dalam jangka waktu panjang
Setelah brand kami terus meningkat dan tingginya peminat “Spring Garden Café”, kami akan mendirikan lagi 2 cabang café yang akan kami bangun di daerah bekasi dan karawang. Kami akan memasuki up market dan tetap terus meningkatkan kepuasan konsumen kami.







BAB III
MARKETING STRATEGI
1.      MARKET SEGMENTATION
a.       Geografik
Berdasarkan data statistic jumlah perusahaan yang ada diseputar cikarang lebih dari 2.000 perusahaan sehingga sangat strategis karena berdekatan dengan kawasan industry jababeka dan kemungkinan dalam jangka panjang akan mengembangkan ke daerah-daerah yang berdekatan dengan kawasan industry dan di minati kalangan menengah rencana jangka panjang 5-10 tahun mendatang beberapa daerah yang mendekati kawasan  dan besar peluang bisnisnya adalah:
1.      Lippo cikarang (mendekati daerah industry Hyunday,EJIP) dll.
2.      Bekasi (mendekati kawasan MM2100)
3.      Karawang (KIIC dan surya cipta)

b.      Psychografhic
Dari kenyataan dan pengalaman yang ada dan kami sendiri melihat untuk  tempat-tempat berkumpul yang bernuansa alamiyang dapat memberikan suasana yang segar dan nyaman dengan view yang indah karna kita ketahui di cikarang adalah tempat yang panas dan pengap terlebih dengan polusi dimana-mana
c.       Behavior
Kita sering melihat kalangan eksekutif mencari tempat berkumpul yang nyaman dan indah itu sulit terlebih untuk dapat mengembalikan energy dan pikiran yang fresh bahkan mungkin seperti Supervisor, manager, direktur mencari restoran untuk berkumpul,karna jarang ada tempat kumpul yang memiliki nuansa alami.
Maka dari itu kami akan menyediakan tempat berkumpul dengan kenyamanan dan keindahan untuk konsumen 24 jam dan memberikan pelayanan yang baik guna memuaskan konsumen


2.      TARGETING
Target revenue rata-rata Rp 6.000.000,- per hari atau Rp 180.000.000,- perbulan merupakan rencana jangka pendek untuk tahun pertama yang difokuskan pada eksekutif perusahaan yang ada di kawasan industry di cikarang.
3.      POSITIONING
Sebagai tempat kumpul satu-satunya di jababeka dengan nuansa alami akan membuat posisi yang kuat pada pemsaran “Spring Garden Café “akan di ingat dengan café nuansa taman
a.       Differentiation
Perbedaannya kami bukan restoran tetapi tempat nongkrong kalangan eksekutif yang khusus dan open hampir selama 24 jam ,dekorasi tempat di buat sedemikian sama seperti taman seperti di western design yang unik pada pepohonan di dalamnya
b.      Branding
Kami memilih nama “Spring Garden Café” dengan brand colour hijau berdasarkan beberapa pertimbangan
ü  Menghadirkan nuansa taman dan pure
ü  Nuansa taman pada musim semi

4.      MARKETING MIX
Dalam suatu bisnis usaha perlu dilakukannya suatu kegiatan atau suatu strategi untuk dapat memaksimalkan usaha dan dapat mencapai target yang akan dicapai yaitu dengan menggunakan strategi  marketing Mix. Marketing Mix yang kami jalankan yaitu :
A.    Product
Beberapa pilihan menu yang kami sajikan adalah western food yang beraneka ragam, begizi dan unik. Dan kami juga menyediakan menu utama yang kami berikan pada pagi ( Breakfast menu ), siang ( lunch menu ), dan juga malam ( dinner menu ). Selain dengan menu makanan yang menarik dan sesuai dengan selera konsumen kami juga memberikan produk jasa dengan pelayanan yang bagus dengan konsep yang elegan.
B.     Price
Harga yang kami tawarkan dari produk sangat variatif , tergantung menu yang di order. Dengan Rata-rata ± Rp. 100.000 / orang yang sudah mendapatkan kepuasan nuansa nyaman yang segar dengan konsep hijau.
C.     Place
Letak café kami dirikan sangat strategis dan mudah dijangkau untuk kalangan konsumen yaitu di ruko “Movie Land “ depan golf jababeka  dan perumahan veranda, sehingga mendekatkan konsumen untuk datang dan mengunjungi café.
D.    Promotion
Dalam segi promosi kami akan menjalankan beberapa langkah untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Pertama kami akan mengadakan grand launching dengan mengundang beberapa directur, manager-manager dan supervisor perusahaan yang berada di kawasan jababeka, untuk lebih memperkenalkan keunggulan produk kami. Untuk lebih mendekatkan konsumen kami akan membuat brosur yang menampilkan produk dan jasa yang akan kami berikan kepada perusahaan-perusahaan dengan mengirimkan personal selling ke setiap perusahaan dengan target 10 perusahaan setiap hari untuk 2 orang personal selling. Dengan memberikan beberapa voucher yang dapat digunakan ke perusahaan yang memeberikan diskon 10% harga setiap pembelian produk seharga Rp.100.000 ( tidak belaku kelipatan ).
Di bulan kedua Untuk selanjutnya kami akan melakukan promosi dengan spanduk yang akan kami pasang di beberapa tempat strategis yang berada di kawasan jababeka dan sekitarnya. Dengan bersamaan kita juga akan memperkenalkan perusahaan dengan media online yaitu membuat website profil dan servis perusahaan juga membuat iklan dengan media social facebook dengan membuat akun facebook perusahaan, sehingga lebih aktif kepada konsumen dan fan page iklan yang akan muncul di beberapa akun facebook dengan ketentuan yang sesuai kriteria.
Di bulan berikutnya untuk lebih meningkatkan penjualan dan mencapai target kami akan menjalankan promosi dengan bekerja sama dengan perusahaan swalayan Mall Lippo cikarang dan GIANT yang berada di samping café kami yaitu , dengan ketentuan apabila membeli produk GIANT sebesar Rp.150.000 ( tidak berlaku kelipatan ) akan mendapatkan 1 Voucher Snack ( sandwich, burger dll).
Untuk lebih mendekatkan perusahaan, konsumen dan social masyarakat kami akan memasukan sedikit amal yang akan dimasukan ke harga produk dengan potongan 5% dari harga pembelian konsumen yang akan disumbangkan ke beberapa yayasan yatim piatu yang berada di kawasan cikarang dan sekitarnya.





























BAB IV
ACTION PROGRAM

No
Periode
Action









1









Bulan I di tahun pertama
1.      Launching perusahaan dengan mengundang beberapa directur manager dan staff peusahaan-perusahaan yang berada dikawasan jababeka dengan memberikan pengenalan produk dan jasa unggulan perusaaan kami.
2.      Membuat dan menyebarkan benner, spanduk  di tempat-tempat strategis di kawasan jababeka dan sekitarnya sebagai ajang promosi.
3.      Menghadirkan band-band dengan aliran music yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan.
4.      Meningkatkan target penjualan dan menganalisis tingkat kepuasan customer dengan memberikan sebuah kertas dengan pernyataan untuk evaluasi pelayanan café.
5.      Menyediakan vasilitas layar untuk nonton bareng kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international, sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.      Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
7.      Menganalisis kompotitor dan meingkatkan kualitas makanan dan layanan .
8.      Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1bulan.
9.      Melakukan pelatihan lebih intensif lagi kepada para karyawan agar dapat bekerja lebih baik dan optimal
10.  Mengadakan Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor









2








Bulan II di tahun pertama


1.      Melakukan stategi untuk meingkatkan penjualan dengan promosi secara personal selling yaitu mengirim beberapa marketing ke perusahaan-perusahaan dan memberikan presentasi tentang café yang kami tawarkan, dan memberikan diskon 10 %.
2.      Mengenalkan brand produk dan servis kepada consumen dengan melalui media online seperti Facebook, website .
3.      Melakukan promosi untuk tambahan kegiatan atau acara yang dapat dilakukan di tempat “ SPRING GARDEN CAFÉ” yaitu acara resepsi pernikahan dan acara ulang tahun dengan beberapa paket kegiatan yang menarik.
4.      Menghadirkan band-band dengan aliran music yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan kejenuhan.
5.      Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international, sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.      Meningkatkan target penjualan dan melakakukan ekpansi ke kawasan industry lain seperti EJIP Hyundai MM2100
7.      Menyediakan dan menambah menu-menu baru agar lebih pareatif.
8.      Memantau suplayer bahan-bahan makanan.
9.      Membuat jadwal kegiatan yang sudah mendaftar acara kegiatan resepsi pernikahan (Privet Party) yang sudah di order di bulan maret.
10.  Mempertahankan customer yang telah berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card
11.  Menganalisis kompotitor dan meingkatkan kualitas makanan dan layanan.
12.  Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan.
13.  Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor











3









Bulan III di tahun pertama

1.      Mengupgrade brand produk dan servis kepada consumer yang melalui media online seperti FB dan website.
2.      Melakukan promosi dengan bekerjasama dengan pihak swalayan Lippo Cikarang dan GIANT dengan beberapa ketentuan.
3.      Menghadirkan band-band dengan aliran music yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan kejenuhan.
4.      Memberikan menu baru dan discont pada hari libur nasional dan memberikan sofenir kepada anak-anak.
5.      Membuat jadwal kegiatan yang sudah mendaftar acara kegiatan resepsi pernikahan (Privet Party) yang sudah di order di bulan April.
6.      Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international, sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
7.      Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
8.      Mempertahankan customer yang telah berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card
9.      Menganalisis kompotitor dan meingkatkan kualitas makanan dan layanan.
10.  Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan.
11.  Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor








  4








Bulan IV di tahun pertama

1.      Mengupgrade brand produk dan servis kepada consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.      Menghadirkan band-band dengan aliran music yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan kejenuhan.
3.      Memberikan sumbangan dengan cara ketika konsumen membeli produk kita maka 5% telah menyumbang untuk pendidikan anak-anak yang tidak mampu.
4.      Membuat dan menyebarkan brosur dan bener guna meningkakan penjualan.
5.      Membuat jadwal kegiatan yang sudah mendaftar acara kegiatan resepsi pernikahan (Privet Party) yang sudah di order di bulan Mei.
6.      Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international, sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
7.      Memantau suplayer bahan-bahan makanan.
8.      Mempertahankan customer yang telah berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card
9.      Menganalisis kompotitor dan meingkatkan kualitas makanan dan layanan.
10.  Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan.
11.  Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor
 






5







Bulan V di tahun pertama

1.      Mengupgrade brand produk dan servis kepada consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.      Menghadirkan band-band dengan aliran music yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan kejenuhan.
3.      Meningkatkan target penjualan dan melakakukan ekpansi ke kawasan industry lain.
4.      Membuat jadwal kegiatan yang sudah mendaftar acara kegiatan resepsi pernikahan (Privet Party) yang sudah di order di bulan Juni.
5.      Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international, sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.      Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
7.      Mempertahankan customer yang telah berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card
8.      Menganalisis kompotitor dan meingkatkan kualitas makanan dan layanan.
9.      Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan.

10.  Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor







6.







Bulan VI di tahun pertama
1.      Mengupgrade brand produk dan servis kepada consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.      Menghadirkan band-band dengan aliran music yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan kejenuhan.
3.      Meningkatkan target penjualan dan melakakukan ekpansi ke kawasan industry lain.
4.      Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
5.      Mempertahankan customer yang telah berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card.
6.      Menganalisis kompotitor dan meingkatkan kualitas makanan dan layanan.
7.      Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international, sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.

8.      Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan.
9.      Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor












7.












Bulan VII di tahun Pertama
1.      Mengupgrade brand produk dan servis kepada consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.      Menghadirkan band-band dengan aliran music yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan kejenuhan.
3.      Meningkatkan target penjualan dan melakakukan ekpansi ke kawasan industry lain.
4.      Membuat kegiatan yang sesuai dengan bulan ramadhan yaitu dengan memberikan minuman pembuka gratis untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasaan konsumen, dan lebih mendekatkan perusahaan kepada setiap konsumen.
5.      Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international, sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.      Membuat variasi menu untuk santap sahur.
7.      Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
8.      Mempertahankan customer yang telah berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card.
9.      Menganalisis kompotitor dan meingkatkan kualitas makanan dan layanan.
10.  Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan.
11.  Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor










8.










Bulan VIII di tahun pertama
1.      Mengupgrade brand produk dan servis kepada consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.

2.      Menghadirkan band-band dengan aliran music yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan kejenuhan.
3.      Meningkatkan target penjualan dan melakakukan ekpansi ke kawasan industry lain.
4.      Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
5.      Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international, sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.      Mempertahankan customer yang telah berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card.
7.      Menganalisis kompotitor dan meingkatkan kualitas makanan dan layanan.
8.      Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan.
9.      Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor















9.















Bulan IX di tahun pertama
1.      Mengupgrade brand produk dan servis kepada consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.

2.      Menghadirkan band-band dengan aliran music yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan kejenuhan.
3.      Meningkatkan target penjualan dan melakakukan ekpansi ke kawasan industry lain.
4.      Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
5.      Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international, sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.      Mempertahankan customer yang telah berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card.
7.      Menganalisis kompotitor dan meingkatkan kualitas makanan dan layanan.
8.      Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan, dan juga mengevaluasi bisnis plan yang sudah tercapai target BEP yang sudah kita rencanakan diawal.
9.      Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor











10.











Bulan X di tahun pertama
1.      Mengupgrade brand produk dan servis kepada consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.      Menghadirkan band-band dengan aliran music yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan kejenuhan.
3.      Meningkatkan target penjualan dan melakakukan ekpansi ke kawasan industry lain.
4.      Membuat kegiatan yang sesuai dengan bulan ramadhan yaitu dengan memberikan minuman pembuka gratis untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasaan konsumen, dan lebih mendekatkan perusahaan kepada setiap konsumen.
5.      Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international, sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.      Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
7.      Mempertahankan customer yang telah berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card.
8.      Menganalisis kompotitor dan meingkatkan kualitas makanan dan layanan.
9.      Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan.
Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor

















11.














Bulan XI tahun pertama
1.      Mengupgrade brand produk dan servis kepada consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.      Menghadirkan band-band dengan aliran music yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan kejenuhan.
3.      Meningkatkan target penjualan dan melakakukan ekpansi ke kawasan industry lain.
4.      Membuat kegiatan yang sesuai dengan bulan ramadhan yaitu dengan memberikan minuman pembuka gratis untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasaan konsumen, dan lebih mendekatkan perusahaan kepada setiap konsumen.
5.      Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international, sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.      Membuat jadwal kegiatan desember yaitu acara hari natal dan tahun baru dan persiapan dekorasi ruangan yang menyesuaikan.
7.      Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
8.      Mempertahankan customer yang telah berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card.
9.      Menganalisis kompotitor dan meingkatkan kualitas makanan dan layanan.
10.  Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan.
Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor












12.












Bulan XII tahun pertama
1.      Mengupgrade brand produk dan servis kepada consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.      Menghadirkan band-band dengan aliran music yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan kejenuhan.
3.      Meningkatkan target penjualan dan melakakukan ekpansi ke kawasan industry lain.
4.      Membuat kegiatan yang sesuai dengan bulan ramadhan yaitu dengan memberikan minuman pembuka gratis untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasaan konsumen, dan lebih mendekatkan perusahaan kepada setiap konsumen.
5.      Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international, sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.      Memberikan diskon untuk acara hari natal dan tahun baru yaitu dengan pemotongan 20% dengan pembelian diatas Rp. 200.000 dan kelipatan.
7.      Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
8.      Mempertahankan customer yang telah berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card.
9.      Menganalisis kompotitor dan meingkatkan kualitas makanan dan layanan.
10.  Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan.
Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor





BAB V
BUDGETING
INVESTASI:
Room rent:
200.000.000
Interior design:
Green wall
22.000.000
Room Equipment
154.000.000
Reception
3.000.000
Kitchen room,kitchen equipment,pantry,office,privte room
37.000.000
Operational equipment
40.600.000
Grand opening
50.000.000
Total
506.600.000
OPERATIONAL
Revenue
200.000.000
COST & EXPENSES
Cost of good sold
96.800.000
35,00%
raw material
70.000.000
11,60%
salary & related expenses(17)
23.200.000
0,60%
Transportation
1.200.000
1,20%
Miscellaneous
2.400.000
Marketing
22.000.000
1,70%
salary & related expenses(2)
3.400.000
5,60%
Promotion
11.200.000
2,80%
Entertainment
5.600.000
1,00%
Miscellaneous
2.000.000
Administration & general
2.750.000
0,80%
salary & related expenses (1)
1.500.000
0,60%
office expenses
1.000.000
0,10%
Miscellaneous
250.000
Pomec (power,Maintenance,and Energy cost)
18.150.000
1,10%
salary & related expensess (2)
2.000.000
2,80%
Maintenance
5.000.000
2,80%
Electricity
5.000.000
1,70%
telephone & internet
3.000.000
0,80%
Water
1.500.000
0,90%
Miscellaneous
1.650.000
Nett oprerational profit per month
29,00%
60.300.000
Investment
506.600.000
BEP investasi (month)
8,4013267
Occupancy
1968
average sales
101.626
tax & service(21%)
21.341
average gross sales
122.967

















BAB VI
CONTROL
Dalam menciptakan suau bisnis yang baik dan menguntungkan dan tetap terjaga dari hal-hal yang merugikan,kami akan mengontrol tiap-tiap bagian di dalam bisnis kami, dari bagian yang paling rendah sampai bagian yang paling atas atau mulai dari customer,markeing,tenaga kerja,dan bagian-bagian yang lainnya.
Untuk control internal kami akan mengaudit bagian-bagian  seperti bagian dapur,financial,marketing dan pekerja untuk bagian dapur kami akan mengecek kehiginenisan bahan baku dari suplayer,dan tidak bergantung pada 1 suplayer dan mengecek dan membandingan harga di pasaran agar tidak terjadi kecurangan dari suplayer,menyediakan peralatan dapur dan memastikan kebersihan dapur terjaga,agar sesuai dengan kitchen standar safety.
Dan untuk bagian financial kami akan  mengontrol uang pemasukan dari mulai harian,mingguan dan bulanan dan sewaktu-waktu bagian tersebut akan melakukan analisis biaya bulanan untuk meyakinkan bahwa proses yang berjalan sesuai dengan yang di anggarkan ,mencoba mengembangkan cara unuk membuat produk menu masakan agar lebih efisien dan mencari cara untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi produksi dan bagian financial juga bertanggung jawab dalam penyesuaian harga terhadap produksi agar apabila terjadi perubahan kondisi  bahan-bahan pasar.
Di bagian marketing kami akan meninjau ketat kompoitor yang ada agar tidak kalah saing dan meninjau  sejauh mana target marketing sudah terlaksana dan apa bila ada kendala dalam pencapaian target maka akan di lakukan diskusi bersama untuk mencari solusinya,lebih memperluas dan mengenalkan brand kami agar lebih di kenal banyak orang dengan cara-cara promosi dan penjualan yang telah di tentukan seperti advertaising,selles promotion,personal selling,public relation,dan dairek markeing,dan bagian marketing juga bertanggung jawab dengan kepuasaan para pelanggan dengan cara mempertahankan customer dan mencari customer yang baru.
Dan untuk tenaga kerja sebelum kami mempekerjakannya kami akan memberikan training development terhadap pekerja entah itu dari memasak,menyajikan makanan serta melayani para customer iu semua kami lakukan semata-mata untuk menarik para consumer dan memberikan dampak positif untuk kepuasan para kostumer .
Dalam hal external contol kami akan mempersilahkan customer kami melakukan audit terhadap café kami dari mulai dapur,masakan,tempat,pelayanan dan apapun yang berkenaan dengan bisnis kami dengan cara menyediakan kotak saran atau bisa juga meninjau langsung ke bagian dapur untuk memastikan bahan-bahan makanan yang di gunakan dan kebersihannya
Dan dengan adanya external konrol kepada customer kami akan mengeahui tingka dari kepuasan para customer yang ada,dan dari kritik dan saran yang telah di berikan para customer akan kami indak lanjuti dan mengepaluasi kami agar  memberikan yang terbaik untuk para customer.
Dan dengan melakukan berbagai konrol tersebut,di harapkan bisnis yang kami lakukan mendapatkan feedback yang baik dari para customer dan berkembang serta memberikan keuntungan antara kami dan kustomer karna kepuasan customer merupakan kesenangan bagi kami.

2 komentar:

  1. Semoga Spring Garden Cafe sukses selalu :)

    butuh Alat tulis Kantor Cikarang? cek di Gracia Stationery

    BalasHapus
  2. YA minta doanya aja Mudah-mudahan dari planning jd kenyataan!!!!!!!!!!!!!!!1

    BalasHapus