MARKETING PLAN
Spring Garden Café
get your experience
get your experience
EXECUTIVE SUMMARY
Kawasan
jababeka merupakan lingkungan yang sangat potensial untuk mendirikan suatu
usaha. Dengan catatan lebih dari 2.000 perusahaan yang berdiri di kawasan
jababeka, kawasan ejip dan MM 2100, dan memiliki lebih dari 730.000 karyawan
dan termasuk staff office didalamnya. Hal ini yang kami pandang dapat untuk
mendirikan sebuah tempat makan dan bersantai untuk menghilangkan sedikit
kelelahan setelah bekerja dengan suasana yang sejuk, nyaman dan memuaskan yang
kami pandang belum ada di daerah ini.
Maka dari itu
kami akan mendirikan sebuah tempat makan dan bersantai yaitu “ SPRING GARDEN
CAFÉ “ dengan menampilkan nansa hijau, sejuk, nyaman dan sesuai selera konsumen
untuk dapat mengurangi kelelahan setelah bekerja. Kami juga menawarkan menu
makanan yang sangat variatif sehingga konsumen tidak akan merasa bosan disaat
yang mendukung untuk kepuasan konsumen seperti Live music, Permainan Billiard
dan juga layanan layar untuk nonton bareng pertnadingan international dan
national.
SPRING GARDEN
CAFÉ berkomitmen untuk menjadi perusahaan café yang ternama dan menjadi brand
yang sangat terkenal. Dengan jumlah investasi yang kami program sebesar Rp. 506.600.000 dengan target laba bersih setiap bulan Rp. 60.300.000
sehingga akan mencapai BEP ( Brake Event Point ) dalam jangka waktu 8,6 bulan.
Maka dari itu investasi yang diberikan akan kembali dengan jangka waktu kurang
dari satu tahun. Dengan begitu pesatnya perkembangan usaha ini maka kami dalam
jangka panjang akan memperlebar usaha. Untuk pengembangan usaha maka kami akan
membuka cabang di kawasan bekasi dan karawang dengan pangsa pasar yang sangat
menarik.
BAB 1
KONDISI PASAR
1.
DESKRIPSI PASAR
Cikarang
merupakan kawasan industry terbesar di Indonesia, tercatat sampai saat ini
kurang lebih dari 2.000 perusahaan telah beroperasi di jababeka yang berasal dari lebih dari 29 negara yang
berbeda pula. Jumlah pekerja mencapai sekitar 730.000 dan penghuni kota
jababeka 1.168.000. dari jumlah karyawan / pekerja yang besar kami memberikan
fasilitas / layanan jasa untuk memenuhi kebutuhan sehari hari salah satunya
dalam bidang makanan.
Kita
banyak melihat banyak restoran, café dan tempat makan yang ada disekitar
jababeka hanya bergerak di kualitas dari makanan saja, tanpa memikirkan
pelayanan yang diberikan dan kepuasan pada pengunjung dan konsumen.
Dari kondisi
tersebut kami mencoba untuk bersaing dalam membuat usaha di bidang café yang berlokasi di ruko “ Movie Land “. Kami
menawarkan menu makanan yang berfariatif agar tidak menimbulkan rasa bosan
kepada pelanggan, kami juga memilki menu special untuk setiap harinya dan kami
memiliki menu favorit di café. Tidak hanya makanan tetapi kami juga menawarkan nuansa
yang hijau dengan pemandangan garden atau taman yang sesungguhnya untuk membuat
konsumen lebih relax, nyaman dan mendapatkan kepuasan saat duduk dan menyantap
makanan di café kami, tidak lepas dari itu kami juga akan mengiri dengan
beberapa alunan music seperti classic, jazz dan pop sesuai jadwal yang
ditentukan. Untuk lebih memuaskan konsumen kami akan buka café 24 jam pelayanan
konsumen.
Nama
dari perusahaan café kami adalah “
SPRING GARDEN CAFÉ “yang melambangkan sebuah taman yang akan memberikan nuansa
yang sejuk, nyaman dan puas kepada konsumen saat mengunjungi café kami. Dan
berlokasi di ruko Movie Land jababeka yang sangat strategis dan didepan jalan
utama jababeka.
2.
PRODUK REVIEW
Kami
akan mendirikan café yang akan memberikan nuansa yang berbeda dari yang lain
yaitu menampilkan nuansa hijau, sejuk, nyaman dan berlebih untuk menampilkan
nuansa garden. Produk yang kami tawarkan adalah menu makanan yang menarik,
variatif dan sesuai dengan selera konsumen sehingga akan memuaskan dan membuat
konsumen nyaman dan tidak bosan. Selain itu kami juga menyediakan tempat untuk
suatu acara seperti ulang tahun dan resepsi pernikahan dengan paket yang sangat
menarik.
3.
COMPETITIVE REVIEW
Spring Garden
café adalah garden café yang pertama di kawasan jababeka, tetpai di cikarang
sudah terdapat restoran dan café yang menawarkan kualitas makanan yang terjamin
bersih dan fresh. Salah satunya adalah “Saung Air” yang berlokasi di ruko Movie Land. Mereka
mempunyai keunggulan dari segi makanan dengan suasana air yang khas yang
kemungkinan dapat menarik pelanggan.
Dari semua hal
tersebut kami akan mempelajari untuk bias bersaing dengan merebut pasar “Saung
Air”, karena kami yakin Strenght point yang kami miliki mampu merebut perhatian
konsumen dengan view garden dan menu snack yang khas dari tempat kami yang
membuat kualitas kita lebih bagus.
Review
of distribution
Dengan
berlokasi di wilayah cikarang baru, khususnya di ruko Movie Land “Spring Garden
Café” mempunyai target pasar di industry jababeka 1 dan 11 dan dikawasan ejip,
Lippo Cikarang. Kami memberikan pelayanan yang baik dengan senyum dan salam
sapa untuk membuat kesan pertama yang baik dan ramah terhadap pelanggan. Untuk
lebih membrikan kepuasan konsumen kami juga menyediakan permainan Billiar,
menyajikan Live Music dan menyediakan layanan layar untuk Nonton Bareng
Event-event international dan nasional.
BAB II
ANALISA SWOT
1.
MARKET ANALYSIS ( ANALISA PASAR )
Analisis SWOT
di dasarkan pada asumsi bahwa spring garden café adalah suatu café executive
dan nature berikut adalah analisis mengenai kekuatan dan kelemahan serta
peluang dan tantangan dari spring garden café ini:
Strength/kekuatan:
·
Design
ruangan di buat sedemikian alami layaknya garden yang natural,dan dalam hal ini
kita mengatur ruangan seperti go green dan pure sehingga membuat para consumer
seperti ada di taman dan dapat membuatnya nyaman.
·
Menu-menu
yang di sediakan untuk konsumen sangat banyak dan unik dan mengarah kepada
wesern food dan tetp menjaga kualitas yang baik dan mutu yang bergizi bergizi .
·
Dengan
suasana yang menarik karena akan kami sediakan music-musik yang berbeda-beda
sesuai dengan jadwal yang di tentukan sehingga tidak membuat jenuh konsumen.
·
mengadakan
acara-acara khusus seperti nonton bareng dll sebagai ajang tempat berkumpul
dengan teman maupun keluarga dengan kesan yang menarik.
·
Kami
akan membuat kostumer merasa comfort dengan pelayanan yang istimewa agar para
kosumer mendapakan kepuasan
Weaknesse/kelemahan:
·
Harga
yang kami tawarkan cukup mahal,berkisaran 100.000/orang untuk setiap kali
kunjungan.
·
Café
ini belum memiliki branded yang terkenal mungkin asing untuk di ketahui semua
orang.
·
Dan
karena kami pemain baru dalam hal ini sehingga masih terlalu minim dalam pengalaman
promosi dan membuat usaha ini lebih berkembang.
Opportunity/kesempatan
·
Peluang
pasar yang ada di daerah cikarang cukup besar.
·
Tempat
yang nyaman dan bernuansa taman akan membuat konsumen tertarik.
·
Dengan
menu western yang berkualitas dan bergizi dalam membuat kostumer berminat bagi yang mengutamakan kesehatan.
·
Menghadirkan
tempat untuk ajang berkumpul yang unik di daerah tersebut.
·
Harga
setandar untuk kalangan menengah ke atas.
·
Lokasi
yang strategi dengan target.
Threat/ancaman:
·
Kemungkinan
muncul kompotitor dalam bidang yang sama dengan harga di bawah.
·
Meningkatnya
daya saing dari kompetitor yang akan mengikuti usaha yang sama.
·
Tuntutan
konsumen semakin tinggi ( keperusahaan dengan menu-menu yang ada ).
2. OBJECTIVES
AND ISSUES
Untuk
mewujudkan visi, misi dan tujuan dari perusahaan ini, maka “Spring Garden Café”
harus mencapai goal perusahaan . Visi dari perusahaan yang adalah menjadi suatu
café yang maju dan berkembang, dapat dikenal oleh semua masyarakat dengan memiliki
brand ternama, menjadi yang nomor 1 dan juga memiliki pelayanan yang
berkualitas dan terdepan. Dalam mewujudkan visi tersebut kami akan
merealisasikannya dengan misi perusahaan yaitu mengutamakan kepuasan konsumen
dengan memberikan pelayanan secara professional dan kami akan sangat menerima
kritik dan saran dari konsumen sehingga dapat memperbaiki untuk mengedepankan
kualitas pelayanan dari “Spring Garden Café”. Tujuan perusahaan kami adalah
mencari profit sebesar mungkin tanpa mengesampingkan mutu dan kualitas
pelayanan yang diberikan, dan untuk melayani konsumen dengan tingkat pelayanan
yang maksimal dalam bidang tempat dengan nuansa yang nyaman, makanan dan jasa.
Adapaun
tujuan dari perusahaan ini akan kami bagi menjadi skala-skala dengan jangka
waktu tertentu yang akan dilaksanakan bersamaan dengan promosi produk
perusahaan.
a.
Tujuan
dalam jangka Waktu Pendek
1.
Satu
tahun pertama
Kami memiliki tujuan dari perusahaan yaitu untuk mencapai BEP (
Brake Event Point ) keuntungan perusahaan, dengan menjalankan beberapa strategi
promosi yang effective dan efisien kepada konsumen yang dikalangan menengah
keatas di kawasan jababeka, seperti kalangan management dalam perusahaan yang
berada di kawasan jababeka, ejip dan kawasan industry MM 2100.
2.
Dua
tahun pertama
Setelah BEP sudah tercapai, maka kami akan mengokohkan brand yang
akan meningkatkan lagi kualitas dan menjadikan “spring Garden Café” no 1 cafe
dikawasan jabebaka yang memberikan suasana yang sejuk, nyaman, dan menyenangkan
dengan nuansa garden, dengan pelayanan yang memuaskan dan berkualitas
internasional.
3.
Tiga
tahun pertama
Di tahun yang ketiga ini kami bertujuan untuk membesarkan usaha
kami dengan 100% konsumen, hal ini untuk meningkatkan perekonomian, kualitas
dan mutu.
b.
Tujuan
dalam jangka waktu menengah
Setelah target pasar berhasil dan mendapat konsumen yang tinggi,
langkah berikutnya adalah meningkatkan ke daerah lippo dan Taman Sentosa karena
terdapat target yang cukup banyak di daerah tersebut. Ini langkah awal untuk
meningkatkan Brand kami dan kualitas mutu.
c.
Tujuan
dalam jangka waktu panjang
Setelah brand kami terus meningkat dan tingginya peminat “Spring
Garden Café”, kami akan mendirikan lagi 2 cabang café yang akan kami bangun di
daerah bekasi dan karawang. Kami akan memasuki up market dan tetap terus
meningkatkan kepuasan konsumen kami.
BAB III
MARKETING STRATEGI
1.
MARKET SEGMENTATION
a.
Geografik
Berdasarkan
data statistic jumlah perusahaan yang ada diseputar cikarang lebih dari 2.000
perusahaan sehingga sangat strategis karena berdekatan dengan kawasan industry
jababeka dan kemungkinan dalam jangka panjang akan mengembangkan ke
daerah-daerah yang berdekatan dengan kawasan industry dan di minati kalangan
menengah rencana jangka panjang 5-10 tahun mendatang beberapa daerah yang mendekati
kawasan dan besar peluang bisnisnya
adalah:
1.
Lippo
cikarang (mendekati daerah industry Hyunday,EJIP) dll.
2.
Bekasi
(mendekati kawasan MM2100)
3.
Karawang
(KIIC dan surya cipta)
b.
Psychografhic
Dari kenyataan
dan pengalaman yang ada dan kami sendiri melihat untuk tempat-tempat berkumpul yang bernuansa
alamiyang dapat memberikan suasana yang segar dan nyaman dengan view yang indah
karna kita ketahui di cikarang adalah tempat yang panas dan pengap terlebih
dengan polusi dimana-mana
c.
Behavior
Kita sering
melihat kalangan eksekutif mencari tempat berkumpul yang nyaman dan indah itu
sulit terlebih untuk dapat mengembalikan energy dan pikiran yang fresh bahkan
mungkin seperti Supervisor, manager, direktur mencari restoran untuk
berkumpul,karna jarang ada tempat kumpul yang memiliki nuansa alami.
Maka dari itu kami akan menyediakan
tempat berkumpul dengan kenyamanan dan keindahan untuk konsumen 24 jam dan
memberikan pelayanan yang baik guna memuaskan konsumen
2.
TARGETING
Target revenue
rata-rata Rp 6.000.000,- per hari atau Rp 180.000.000,- perbulan merupakan
rencana jangka pendek untuk tahun pertama yang difokuskan pada eksekutif
perusahaan yang ada di kawasan industry di cikarang.
3.
POSITIONING
Sebagai tempat
kumpul satu-satunya di jababeka dengan nuansa alami akan membuat posisi yang
kuat pada pemsaran “Spring Garden Café “akan di ingat dengan café nuansa taman
a.
Differentiation
Perbedaannya kami bukan restoran
tetapi tempat nongkrong kalangan eksekutif yang khusus dan open hampir selama
24 jam ,dekorasi tempat di buat sedemikian sama seperti taman seperti di
western design yang unik pada pepohonan di dalamnya
b.
Branding
Kami memilih nama “Spring Garden
Café” dengan brand colour hijau berdasarkan beberapa pertimbangan
ü Menghadirkan nuansa taman dan pure
ü Nuansa taman pada musim semi
4.
MARKETING MIX
Dalam
suatu bisnis usaha perlu dilakukannya suatu kegiatan atau suatu strategi untuk
dapat memaksimalkan usaha dan dapat mencapai target yang akan dicapai yaitu
dengan menggunakan strategi marketing
Mix. Marketing Mix yang kami jalankan yaitu :
A.
Product
Beberapa pilihan menu yang kami sajikan adalah western food yang
beraneka ragam, begizi dan unik. Dan kami juga menyediakan menu utama yang kami
berikan pada pagi ( Breakfast menu ), siang ( lunch menu ), dan juga malam (
dinner menu ). Selain dengan menu makanan yang menarik dan sesuai dengan selera
konsumen kami juga memberikan produk jasa dengan pelayanan yang bagus dengan
konsep yang elegan.
B.
Price
Harga yang kami tawarkan dari produk sangat variatif , tergantung
menu yang di order. Dengan Rata-rata ± Rp. 100.000 / orang yang sudah
mendapatkan kepuasan nuansa nyaman yang segar dengan konsep hijau.
C.
Place
Letak café kami dirikan sangat strategis dan mudah dijangkau untuk
kalangan konsumen yaitu di ruko “Movie Land “ depan golf jababeka dan perumahan veranda, sehingga mendekatkan
konsumen untuk datang dan mengunjungi café.
D.
Promotion
Dalam segi promosi kami akan
menjalankan beberapa langkah untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Pertama kami
akan mengadakan grand launching dengan mengundang beberapa directur, manager-manager
dan supervisor perusahaan yang berada di kawasan jababeka, untuk lebih
memperkenalkan keunggulan produk kami. Untuk lebih mendekatkan konsumen kami
akan membuat brosur yang menampilkan produk dan jasa yang akan kami berikan
kepada perusahaan-perusahaan dengan mengirimkan personal selling ke setiap
perusahaan dengan target 10 perusahaan setiap hari untuk 2 orang personal
selling. Dengan memberikan beberapa voucher yang dapat digunakan ke perusahaan
yang memeberikan diskon 10% harga setiap pembelian produk seharga Rp.100.000 (
tidak belaku kelipatan ).
Di bulan kedua Untuk selanjutnya
kami akan melakukan promosi dengan spanduk yang akan kami pasang di beberapa
tempat strategis yang berada di kawasan jababeka dan sekitarnya. Dengan
bersamaan kita juga akan memperkenalkan perusahaan dengan media online yaitu
membuat website profil dan servis perusahaan juga membuat iklan dengan media
social facebook dengan membuat akun facebook perusahaan, sehingga lebih aktif
kepada konsumen dan fan page iklan yang akan muncul di beberapa akun facebook
dengan ketentuan yang sesuai kriteria.
Di bulan berikutnya untuk lebih
meningkatkan penjualan dan mencapai target kami akan menjalankan promosi dengan
bekerja sama dengan perusahaan swalayan Mall Lippo cikarang dan GIANT yang
berada di samping café kami yaitu , dengan ketentuan apabila membeli produk
GIANT sebesar Rp.150.000 ( tidak berlaku kelipatan ) akan mendapatkan 1 Voucher
Snack ( sandwich, burger dll).
Untuk lebih mendekatkan perusahaan,
konsumen dan social masyarakat kami akan memasukan sedikit amal yang akan
dimasukan ke harga produk dengan potongan 5% dari harga pembelian konsumen yang
akan disumbangkan ke beberapa yayasan yatim piatu yang berada di kawasan
cikarang dan sekitarnya.
BAB IV
ACTION PROGRAM
No
|
Periode
|
Action
|
1
|
Bulan I di
tahun pertama
|
1.
Launching perusahaan dengan mengundang
beberapa directur manager dan staff peusahaan-perusahaan yang berada
dikawasan jababeka dengan memberikan pengenalan produk dan jasa unggulan
perusaaan kami.
2.
Membuat dan menyebarkan benner, spanduk di tempat-tempat strategis di kawasan
jababeka dan sekitarnya sebagai ajang promosi.
3.
Menghadirkan band-band dengan aliran music
yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan.
4.
Meningkatkan target penjualan dan
menganalisis tingkat kepuasan customer dengan memberikan sebuah kertas dengan
pernyataan untuk evaluasi pelayanan café.
5.
Menyediakan vasilitas layar untuk nonton
bareng kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola
international dan national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis
international, sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan
pelayanan konsumen.
6.
Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
7.
Menganalisis kompotitor dan meingkatkan
kualitas makanan dan layanan .
8.
Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat kritik
dan saran dari para customer selama 1bulan.
9.
Melakukan pelatihan lebih intensif lagi
kepada para karyawan agar dapat bekerja lebih baik dan optimal
10. Mengadakan
Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor
|
2
|
Bulan II di
tahun pertama
|
1.
Melakukan stategi untuk meingkatkan penjualan
dengan promosi secara personal selling yaitu mengirim beberapa marketing ke
perusahaan-perusahaan dan memberikan presentasi tentang café yang kami
tawarkan, dan memberikan diskon 10 %.
2.
Mengenalkan brand produk dan servis kepada
consumen dengan melalui media online seperti Facebook, website .
3.
Melakukan promosi untuk tambahan kegiatan
atau acara yang dapat dilakukan di tempat “ SPRING GARDEN CAFÉ” yaitu acara
resepsi pernikahan dan acara ulang tahun dengan beberapa paket kegiatan yang
menarik.
4.
Menghadirkan band-band dengan aliran music
yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan
kejenuhan.
5.
Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng
kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan
national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international,
sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.
Meningkatkan target penjualan dan melakakukan
ekpansi ke kawasan industry lain seperti EJIP Hyundai MM2100
7.
Menyediakan dan menambah menu-menu baru agar
lebih pareatif.
8.
Memantau suplayer bahan-bahan makanan.
9.
Membuat jadwal kegiatan yang sudah mendaftar
acara kegiatan resepsi pernikahan (Privet Party) yang sudah di order di bulan
maret.
10. Mempertahankan
customer yang telah berlangganan dengan cara memberikan potongan harga
melalui member card
11. Menganalisis
kompotitor dan meingkatkan kualitas makanan dan layanan.
12. Mengefaluasi
bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1
bulan.
13. Laporan
bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor
|
3
|
Bulan III di
tahun pertama
|
1.
Mengupgrade brand produk dan servis kepada
consumer yang melalui media online seperti FB dan website.
2.
Melakukan promosi dengan bekerjasama dengan
pihak swalayan Lippo Cikarang dan GIANT dengan beberapa ketentuan.
3.
Menghadirkan band-band dengan aliran music
yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan
kejenuhan.
4.
Memberikan menu baru dan discont pada hari
libur nasional dan memberikan sofenir kepada anak-anak.
5.
Membuat jadwal kegiatan yang sudah mendaftar
acara kegiatan resepsi pernikahan (Privet Party) yang sudah di order di bulan
April.
6.
Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng
kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan
national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international,
sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
7.
Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
8.
Mempertahankan customer yang telah
berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card
9.
Menganalisis kompotitor dan meingkatkan
kualitas makanan dan layanan.
10. Mengefaluasi
bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1
bulan.
11. Laporan
bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor
|
4
|
Bulan IV di
tahun pertama
|
1.
Mengupgrade brand produk dan servis kepada
consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.
Menghadirkan band-band dengan aliran music
yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan
kejenuhan.
3.
Memberikan sumbangan dengan cara ketika
konsumen membeli produk kita maka 5% telah menyumbang untuk pendidikan
anak-anak yang tidak mampu.
4.
Membuat dan menyebarkan brosur dan bener guna
meningkakan penjualan.
5.
Membuat jadwal kegiatan yang sudah mendaftar
acara kegiatan resepsi pernikahan (Privet Party) yang sudah di order di bulan
Mei.
6.
Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng
kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan
national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international,
sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
7.
Memantau suplayer bahan-bahan makanan.
8.
Mempertahankan customer yang telah
berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card
9.
Menganalisis kompotitor dan meingkatkan
kualitas makanan dan layanan.
10. Mengefaluasi
bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1
bulan.
11. Laporan
bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor
|
5
|
Bulan V di
tahun pertama
|
1.
Mengupgrade brand produk dan servis kepada
consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.
Menghadirkan band-band dengan aliran music
yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan
kejenuhan.
3.
Meningkatkan target penjualan dan melakakukan
ekpansi ke kawasan industry lain.
4.
Membuat jadwal kegiatan yang sudah mendaftar
acara kegiatan resepsi pernikahan (Privet Party) yang sudah di order di bulan
Juni.
5.
Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng
kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan
national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international,
sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.
Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
7.
Mempertahankan customer yang telah
berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card
8.
Menganalisis kompotitor dan meingkatkan
kualitas makanan dan layanan.
9.
Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat
kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan.
10. Laporan
bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor
|
6.
|
Bulan VI di
tahun pertama
|
1.
Mengupgrade brand produk dan servis kepada
consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.
Menghadirkan band-band dengan aliran music
yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan
kejenuhan.
3.
Meningkatkan target penjualan dan melakakukan
ekpansi ke kawasan industry lain.
4.
Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
5.
Mempertahankan customer yang telah
berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card.
6.
Menganalisis kompotitor dan meingkatkan
kualitas makanan dan layanan.
7.
Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng
kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan
national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international,
sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
8.
Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat
kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan.
9.
Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada
kepala manager dan investor
|
7.
|
Bulan VII di
tahun Pertama
|
1.
Mengupgrade brand produk dan servis kepada
consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.
Menghadirkan band-band dengan aliran music
yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan
kejenuhan.
3.
Meningkatkan target penjualan dan melakakukan
ekpansi ke kawasan industry lain.
4.
Membuat kegiatan yang sesuai dengan bulan
ramadhan yaitu dengan memberikan minuman pembuka gratis untuk meningkatkan
pelayanan dan kepuasaan konsumen, dan lebih mendekatkan perusahaan kepada
setiap konsumen.
5.
Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng
kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan
national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international,
sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.
Membuat variasi menu untuk santap sahur.
7.
Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
8.
Mempertahankan customer yang telah
berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card.
9.
Menganalisis kompotitor dan meingkatkan kualitas
makanan dan layanan.
10. Mengefaluasi
bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1
bulan.
11. Laporan
bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor
|
8.
|
Bulan VIII di
tahun pertama
|
1.
Mengupgrade brand produk dan servis kepada
consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.
Menghadirkan band-band dengan aliran music
yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan
kejenuhan.
3.
Meningkatkan target penjualan dan melakakukan
ekpansi ke kawasan industry lain.
4.
Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
5.
Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng
kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan
national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international,
sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.
Mempertahankan customer yang telah
berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card.
7.
Menganalisis kompotitor dan meingkatkan
kualitas makanan dan layanan.
8.
Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat
kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan.
9.
Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada
kepala manager dan investor
|
9.
|
Bulan IX di
tahun pertama
|
1.
Mengupgrade brand produk dan servis kepada
consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.
Menghadirkan band-band dengan aliran music
yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan
kejenuhan.
3.
Meningkatkan target penjualan dan melakakukan
ekpansi ke kawasan industry lain.
4.
Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
5.
Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng
kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan
national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international,
sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.
Mempertahankan customer yang telah
berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card.
7.
Menganalisis kompotitor dan meingkatkan
kualitas makanan dan layanan.
8.
Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat
kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan, dan juga mengevaluasi
bisnis plan yang sudah tercapai target BEP yang sudah kita rencanakan diawal.
9.
Laporan bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala
manager dan investor
|
10.
|
Bulan X di
tahun pertama
|
1.
Mengupgrade brand produk dan servis kepada
consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.
Menghadirkan band-band dengan aliran music
yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan
kejenuhan.
3.
Meningkatkan target penjualan dan melakakukan
ekpansi ke kawasan industry lain.
4.
Membuat kegiatan yang sesuai dengan bulan
ramadhan yaitu dengan memberikan minuman pembuka gratis untuk meningkatkan
pelayanan dan kepuasaan konsumen, dan lebih mendekatkan perusahaan kepada
setiap konsumen.
5.
Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng
kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan
national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international,
sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.
Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
7.
Mempertahankan customer yang telah
berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card.
8.
Menganalisis kompotitor dan meingkatkan
kualitas makanan dan layanan.
9.
Mengefaluasi bisnis dengan cara melihat
kritik dan saran dari para customer selama 1 bulan.
Laporan
bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor
|
11.
|
Bulan XI
tahun pertama
|
1.
Mengupgrade brand produk dan servis kepada
consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.
Menghadirkan band-band dengan aliran music
yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan
kejenuhan.
3.
Meningkatkan target penjualan dan melakakukan
ekpansi ke kawasan industry lain.
4.
Membuat kegiatan yang sesuai dengan bulan
ramadhan yaitu dengan memberikan minuman pembuka gratis untuk meningkatkan
pelayanan dan kepuasaan konsumen, dan lebih mendekatkan perusahaan kepada
setiap konsumen.
5.
Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng
kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan
national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international,
sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.
Membuat jadwal kegiatan desember yaitu acara
hari natal dan tahun baru dan persiapan dekorasi ruangan yang menyesuaikan.
7.
Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
8.
Mempertahankan customer yang telah berlangganan
dengan cara memberikan potongan harga melalui member card.
9.
Menganalisis kompotitor dan meingkatkan
kualitas makanan dan layanan.
10. Mengefaluasi
bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1
bulan.
Laporan
bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor
|
12.
|
Bulan XII
tahun pertama
|
1.
Mengupgrade brand produk dan servis kepada
consumer dengan melalui media online seperti FB dan website.
2.
Menghadirkan band-band dengan aliran music
yang bermacam-macam sesuai dengan jadwal yang di tentukan untuk menghilangkan
kejenuhan.
3.
Meningkatkan target penjualan dan melakakukan
ekpansi ke kawasan industry lain.
4.
Membuat kegiatan yang sesuai dengan bulan
ramadhan yaitu dengan memberikan minuman pembuka gratis untuk meningkatkan
pelayanan dan kepuasaan konsumen, dan lebih mendekatkan perusahaan kepada
setiap konsumen.
5.
Menyediakan vasilitas untuk nonton bareng
kegiatan-kegiatan international seperti pertandingan bola international dan
national, balapan moto GP, pertandingan badminton, tennis international,
sesuai dengan jadwal, untuk lebih meningkatakan kepuasan pelayanan konsumen.
6.
Memberikan diskon untuk acara hari natal dan
tahun baru yaitu dengan pemotongan 20% dengan pembelian diatas Rp. 200.000
dan kelipatan.
7.
Memantau suplaier bahan-bahan makanan.
8.
Mempertahankan customer yang telah
berlangganan dengan cara memberikan potongan harga melalui member card.
9.
Menganalisis kompotitor dan meingkatkan
kualitas makanan dan layanan.
10. Mengefaluasi
bisnis dengan cara melihat kritik dan saran dari para customer selama 1
bulan.
Laporan
bulanan tiap-tiap bagian kepada kepala manager dan investor
|
BAB V
BUDGETING
INVESTASI:
|
||||||||
Room rent:
|
200.000.000
|
|||||||
Interior design:
|
||||||||
Green wall
|
22.000.000
|
|||||||
Room Equipment
|
154.000.000
|
|||||||
Reception
|
3.000.000
|
|||||||
Kitchen room,kitchen
equipment,pantry,office,privte room
|
37.000.000
|
|||||||
Operational equipment
|
40.600.000
|
|||||||
Grand opening
|
50.000.000
|
|||||||
Total
|
506.600.000
|
|||||||
OPERATIONAL
|
||||||||
Revenue
|
200.000.000
|
|||||||
COST & EXPENSES
|
||||||||
Cost of
good sold
|
96.800.000
|
|||||||
35,00%
|
raw material
|
70.000.000
|
||||||
11,60%
|
salary & related expenses(17)
|
23.200.000
|
||||||
0,60%
|
Transportation
|
1.200.000
|
||||||
1,20%
|
Miscellaneous
|
2.400.000
|
||||||
Marketing
|
22.000.000
|
|||||||
1,70%
|
salary & related expenses(2)
|
3.400.000
|
||||||
5,60%
|
Promotion
|
11.200.000
|
||||||
2,80%
|
Entertainment
|
5.600.000
|
||||||
1,00%
|
Miscellaneous
|
2.000.000
|
||||||
Administration
& general
|
2.750.000
|
|||||||
0,80%
|
salary & related expenses (1)
|
1.500.000
|
||||||
0,60%
|
office expenses
|
1.000.000
|
||||||
0,10%
|
Miscellaneous
|
250.000
|
||||||
Pomec
(power,Maintenance,and Energy cost)
|
18.150.000
|
|||||||
1,10%
|
salary & related expensess (2)
|
2.000.000
|
||||||
2,80%
|
Maintenance
|
5.000.000
|
||||||
2,80%
|
Electricity
|
5.000.000
|
||||||
1,70%
|
telephone & internet
|
3.000.000
|
||||||
0,80%
|
Water
|
1.500.000
|
||||||
0,90%
|
Miscellaneous
|
1.650.000
|
||||||
Nett
oprerational profit per month
|
29,00%
|
60.300.000
|
||||||
Investment
|
506.600.000
|
|||||||
BEP investasi (month)
|
8,4013267
|
|||||||
Occupancy
|
1968
|
|||||||
average sales
|
101.626
|
|||||||
tax & service(21%)
|
21.341
|
|||||||
average gross sales
|
122.967
|
BAB VI
CONTROL
Dalam
menciptakan suau bisnis yang baik dan menguntungkan dan tetap terjaga dari
hal-hal yang merugikan,kami akan mengontrol tiap-tiap bagian di dalam bisnis
kami, dari bagian yang paling rendah sampai bagian yang paling atas atau mulai
dari customer,markeing,tenaga kerja,dan bagian-bagian yang lainnya.
Untuk control
internal kami akan mengaudit bagian-bagian
seperti bagian dapur,financial,marketing dan pekerja untuk bagian dapur
kami akan mengecek kehiginenisan bahan baku dari suplayer,dan tidak bergantung
pada 1 suplayer dan mengecek dan membandingan harga di pasaran agar tidak
terjadi kecurangan dari suplayer,menyediakan peralatan dapur dan memastikan
kebersihan dapur terjaga,agar sesuai dengan kitchen standar safety.
Dan untuk
bagian financial kami akan mengontrol
uang pemasukan dari mulai harian,mingguan dan bulanan dan sewaktu-waktu bagian
tersebut akan melakukan analisis biaya bulanan untuk meyakinkan bahwa proses
yang berjalan sesuai dengan yang di anggarkan ,mencoba mengembangkan cara unuk
membuat produk menu masakan agar lebih efisien dan mencari cara untuk
meningkatkan pendapatan dan mengurangi produksi dan bagian financial juga
bertanggung jawab dalam penyesuaian harga terhadap produksi agar apabila
terjadi perubahan kondisi bahan-bahan
pasar.
Di bagian
marketing kami akan meninjau ketat kompoitor yang ada agar tidak kalah saing
dan meninjau sejauh mana target
marketing sudah terlaksana dan apa bila ada kendala dalam pencapaian target
maka akan di lakukan diskusi bersama untuk mencari solusinya,lebih memperluas
dan mengenalkan brand kami agar lebih di kenal banyak orang dengan cara-cara promosi
dan penjualan yang telah di tentukan seperti advertaising,selles
promotion,personal selling,public relation,dan dairek markeing,dan bagian
marketing juga bertanggung jawab dengan kepuasaan para pelanggan dengan cara
mempertahankan customer dan mencari customer yang baru.
Dan untuk
tenaga kerja sebelum kami mempekerjakannya kami akan memberikan training
development terhadap pekerja entah itu dari memasak,menyajikan makanan serta
melayani para customer iu semua kami lakukan semata-mata untuk menarik para
consumer dan memberikan dampak positif untuk kepuasan para kostumer .
Dalam hal
external contol kami akan mempersilahkan customer kami melakukan audit terhadap
café kami dari mulai dapur,masakan,tempat,pelayanan dan apapun yang berkenaan
dengan bisnis kami dengan cara menyediakan kotak saran atau bisa juga meninjau
langsung ke bagian dapur untuk memastikan bahan-bahan makanan yang di gunakan
dan kebersihannya
Dan dengan
adanya external konrol kepada customer kami akan mengeahui tingka dari kepuasan
para customer yang ada,dan dari kritik dan saran yang telah di berikan para
customer akan kami indak lanjuti dan mengepaluasi kami agar memberikan yang terbaik untuk para customer.
Dan dengan
melakukan berbagai konrol tersebut,di harapkan bisnis yang kami lakukan
mendapatkan feedback yang baik dari para customer dan berkembang serta
memberikan keuntungan antara kami dan kustomer karna kepuasan customer
merupakan kesenangan bagi kami.
Semoga Spring Garden Cafe sukses selalu :)
BalasHapusbutuh Alat tulis Kantor Cikarang? cek di Gracia Stationery
YA minta doanya aja Mudah-mudahan dari planning jd kenyataan!!!!!!!!!!!!!!!1
BalasHapus